7 Cara Merawat Mesin Cuci dengan Benar dan Tepat

  • Whatsapp
7 Cara Merawat Mesin Cuci dengan Benar dan Tepat

Mesin cuci membuat pekerjaan mencuci pakaian Anda menjadi lebih mudah dan praktis, terlebih jika Anda memiliki waktu sibuk. Mesin cuci bekerja untuk membersihkan pakaian Anda, mulai dari merendam, mencuci, membilas sehingga mengeringkan pakaian dalam satu kali proses. Agar tidak cepat rusak, Anda harus mengetahui cara merawat mesin cuci dengan benar dan tepat.

Biasanya rusaknya mesin cuci diakibatkan karena penggunaannya yang salah serta tidak dirawat dengan baik. Alhasil pakaian akan kurang bersih ketika dicuci di mesin cuci. Oleh sebab itu, Anda harus mengetahui cara merawatnya dengan benar dan tepat, agar mesin cuci bisa berfungsi dengan baik serta tahan lama.

Cara Merawat Mesin Cuci yang Benar

Sebagian orang menilai bahwa merawat mesin cuci susah susah gampang, layaknya barang elektronik lainnya. Namun Anda tak perlu khawatir, berikut ini merupakan cara merawat mesin cuci yang benar, di antaranya yaitu:

  1. Perhatikan Tempat Penyimpanan Mesin Cuci

Sebelum membeli mesin cuci, pastikan Anda sudah menyiapkan tempat penyimpanan mencuci yang tepat, agar tidak salah tempat. Posisi mesin cuci yang benar yaitu disimpan dalam tempat yang kering serta tidak lembab.

Karena tempat yang lembab mempercepat kerusakan bagian mesin cuci. Selain itu, ada baiknya jika mesin cuci tidak disimpan dalam tempat yang tidak tembus sinar matahari karena hal tersebut akan berpengaruh pada suhu dalam tabung mesin cuci.

  1. Jangan Paksa Kapasitas

Cara merawat mesin cuci selanjutnya yaitu tidak memaksakan kapasitas. Namun sayangnya, banyak orang yang terburu-buru dalam mencuci, sehingga memaksakan kapasitas tabung mesin cuci dengan memasukkan pakaian terlalu banyak. Padahal hal tersebut dapat merusak mesin cuci, sehingga kinerja mesin cuci tidak optimal dan kotoran pada pakaian tidak bisa bersih secara maksimal.

  1. Jangan Terlalu Lama Menyimpan Pakaian

Kebiasaan buruk yang masih sering dilakukan ketika menggunakan mesin cuci yaitu terlalu lama menyimpan Pakaian kotor dalam mesin cuci. Hal tersebut bukan hanya menimbulkan bau tidak sedap pada mesin cuci, tetapi juga dapat merusak mesin cuci karena pakaian yang anda cuci tidak bisa wangi dengan optimal.

  1. Gunakan Mesin Cuci sesuai Jenis Pakaian

Cara merawat mesin cuci selanjutnya yaitu dengan menggunakan mesin sesuai dengan jenis pakaian. Jika Anda mencuci pakaian jenis jeans, maka Anda harus mengubah pengaturan yang berbeda ketika mencuci pakaian berbahan katun. Dengan begitu maka kinerja mesin cuci akan tetap baik dan mesin cuci lebih awet.

  1. Bersihkan Tabung dan Filter

Cara merawat mesin cuci agar tidak berkarat yaitu dengan membersihkan tabung dan filter dengan benar. Anda dapat mencuci tabung dan filter mesin cuci dengan air secukupnya lalu atur mode cleaning.

Jangan lupa untuk mencuci filter mesin cuci yang merupakan tempat bersarang noda atau kotoran dari pakaian. Membersihkan tabung dan filter bukan hanya membuat mesin cuci menjadi lebih awet, tetapi juga menghasilkan pakaian bersih sempurna.

  1. Cabut Kabel setelah Digunakan

Setelah mesin cuci digunakan, ada baiknya jika anda langsung mencabut kabel tidak terjadi korsleting listrik ketika terjadi mati listrik akibat pemadaman. Hal tersebut juga mencegah terjadinya kebakaran rumah akibat konsleting kabel.

Di beberapa bagian vital mesin cuci, seperti modul PCB dan panel-panel tidak boleh menggunakan air dan deterjen. Apabila terkena air dan deterjen secara tidak sengaja, maka Anda harus segera mengeringkannya agar tidak terjadi kerusakan mesin atau konslet.

  1. Merawat Mesin Cuci Sesuai Jenisnya

Setidaknya terdapat 3 jenis mesin cuci, yaitu mesin cuci dengan satu tabung, mesin cuci 2 tabung, dan mesin cuci top loading. Cara merawat mesin cuci satu tabung biasanya dilengkapi dengan sistem otomatis, jangan lupa untuk penutup mesin cuci setelah selesai digunakan.

Cara merawat mesin cuci 2 tabung yaitu dengan selalu mengecek bagian tabung spin dan body, jangan sampai terdapat benda yang yang ikut proses pencucian, seperti koin dan lainnya. Sedangkan perawatan mesin cuci top loading yaitu dengan melindungi tombol mesin cuci dari air, deterjen atau pewangi.

Itulah 7 cara merawat mesin cuci dengan benar dan tepat. Jika Anda membutuhkan informasi seputar barang elektronik lainnya Anda bisa mengunjungi situs pickybest.id. Platform tersebut menyajikan informasi yang menambah pengetahuan Anda barang elektronik, penampilan dan gaya serta kecantikan.

Related posts