8 Cara Menjaga Indeks Massa Tubuh Ideal

  • Whatsapp
Cara Menjaga Indeks Massa Tubuh Ideal

Memiliki tubuh dan berat badan ideal tentu menjadi impian semua orang. Memiliki tubuh ideal bisa membawa banyak hal baik untuk diri sendiri, misalnya mengubah penampilan hingga membuat tubuh menjadi lebih sehat. Tetapi beberapa orang tidak tahu bagaimana cara menjaga indeks massa tubuh ideal. Berikut ini adalah beberapa tips untuk mempertahankannya:

  1. Memastikan Tubuh Mendapatkan Asupan Makanan Bergizi

Pastikan setengah makanan Anda penuh dengan sayuran. Sayuran mengandung serat dan air, yang dapat meningkatkan pencernaan dan menjaga berat badan. Anda juga bisa mulai mengonsumsi buah-buahan dan minuman kaya vitamin seperti yoghurt.

  1. Memakan Dalam Porsi Kecil

Jika Anda ingin tetap menjaga berat badan tubuh ideal, pesanlah makanan dalam jumlah kecil. Beberapa ahli gizi menganjurkan untuk selalu memesan kopi ukuran kecil, sup atau yogurt beku. Hal ini membuat perut merasa puas karena ia sudah mendapatkan makanan yang diinginkan walaupun dalam porsi kecil. Perut juga akan merasa mudah kenyang dalam porsi kecil.

  1. Mulai Mengkonsumsi Salad atau Sup

Sebelum masuk ke menu utama, jangan lupa pesan salad atau sop sebagai pengganti makanan pembuka rasa manis seperti biasanya. Salad dan sup mengandung sedikit kalori, tapi bisa mengenyangkan perut. Hal ini bisa membuat perut Anda sudah kenyang sehingga saat makanan utama keluar nanti, Anda tidak perlu makan terlalu banyak.

  1. Melakukan Olahraga Rutin

Cara menjaga berat badan pasti membutuhkan latihan fisik secara teratur. Alasannya sederhana, karena jika tidak rutin berolahraga, hampir tidak mungkin mendapatkan tubuh ideal dan tubuh yang sehat dalam satu paket. Namun, banyak orang mengalami siklus frustasi karena hanya mengejar gerakan tubuh yang ideal.

Dengan kata lain, berat badan yang berlebihan menjadi alasan untuk bekerja keras hingga mencapai kondisi ideal. Tetapi setelah itu, motivasi untuk mempertahankan mode pelatihan menghilang. Tak heran jika berat badan bertambah perlahan, yang jauh dari ideal.

  1. Menjaga Batas Kenaikan Berat Badan

Tips atau cara berikutnya adalah menjaga batas. Anda perlu mengetahui seberapa besar bobot ekstra yang bisa ditanggung tubuh Anda agar tetap sehat. Berat badannya mungkin ideal, yaitu 3 sampai 5 kg. Apabila Anda sudah mencapai berat maksimal, Anda perlu menambahkan lebih banyak olahraga. Anda mungkin juga perlu menyesuaikan diet yang lebih sehat hingga berat badan Anda perlahan turun dan kembali normal.

  1. Menghindari Makan Sebelum Tidur

Cara lain untuk menjaga berat badan adalah dengan tidak makan sebelum tidur. Kalori akan mengisi kembali tubuh Anda dengan energi dan Anda tidak membutuhkan energi saat tidur. Makan makanan sebelum tidur hanya akan menumpuk kalori dalam tubuh.

  1. Jangan makan makanan manis

Tanpa manisnya gula, sensasi minum kopi atau teh akan berkurang. Tapi hindari menggunakan gula atau sachet kemasan. Jika ingin menambah manisnya minuman, cukup tambahkan satu sendok teh gula pasir. Anda juga bisa menggunakan madu atau sirup maple sebagai pengganti gula pasir.

  1. Camilan Sehat

Sebelum pergi keluar dengan orang yang Anda cintai, pastikan Anda makan buah-buahan atau sayuran untuk menghindari memakan makanan tidak sehat. Anda bisa mengupas buah di rumah dan membawanya dalam sebuah wadah. Selain bisa membuat tubuh menjadi sehat, Anda juga bisa menghemat dari sisi keuangan.

Itu dia 8 cara untuk menjaga indeks massa tubuh ideal. Anda bisa melakukannya secara bertahap dan harus dilakukan dalam jangka waktu yang cukup lama.

Related posts