Cara Logout Akun Gmail di HP Oppo

  • Whatsapp
Cara Logout Akun Gmail di HP Oppo

Jika anda mengalami kesulitan ketika akan mengeluarkan akun Google pada HP Oppo yang akan dijual, sebaiknya simak penjelasan yang saya tulis melalui artikel ini. Semua smartphone android termasuk merk Oppo pasti akan terintegrasi dengan akun Google. Jika, tidak demikian smartphone tersebut tidak akan bisa digunakan secara maksimal. Salah satu fungsi yang paling utama adalah menghubungkan smartphone dengan Playstore untuk mengunduh bermacam – macam aplikasi dan game.

Aplikasi smartphone juga membuatuhkan akun Google agar bisa digunakan dengan maksimal, contohnya aplikasi Maps, Gmail, Instagram, dan aplikasi lainnya. Dilihat dari fungsinya memang sangat penting, namun ada beberapa orang yang ingin mengeuarkan akun Gmail dari smartphone yang mereka gunakan. Biasanya hal seperti ini terjadi pada orang yang ingin menjual HP Oppo yang mereka gunakan. Demi alasan privasi dan keamanan data agar tidak disalahgunakan oleh orang lain memang sebaiknya log out akun Google terlebih dahulu.

Cara Mengeluarkan Akun Gmail di HP Oppo

Cara logout akun Gmail sebenarnya mudah. Tetapi ada beberapa penguna Oppo yang mengalami kessulitan ketika melakukannya. Agar tidak salah langkah, sebaiknya ikuti beberapa cara mengeluarkan akun Gmail yang saya kutip dari https://techkinian.com/.

Melalui Pengaturan

Cara pertama yang bisa anda coba untuk mengeluarkan akun Gmail adalah melalui menu Pengaturan/Settings HP Oppo.

Silakan ikuti langkah – langkah berikut ini untuk melakukannya :

  1. Ambil HP Oppo anda.
  2. Kemudian buka menu Settigs atau Setelan.
  3. Selanjutnya scroll ke kabawah, lalu tekan menu Akun dan Sinkronasi.
  4. Karena akan menghapus akun Gmail, silakan tekan icon Google.
  5. Lalu pilih akun Gmail yang ingin di hapus dari HP Oppo.
  6. Selanjutnya tekan opsi Proses Masuk dan Keamanan.
  7. Kemudian akan muncul halaman Pengaturan akun Google, pada tahap ini silakan pilih opsi Hapus akun yang terdapat di bagian bawah.
  8. Setelah proses hapus akun selesai, maka secara otomatis akun Gmail akan Logout alias keluar dari HP Oppo.
  9. Selesai.

Melalui Aplikasi Gmail

  • Buka aplikasi Gmail yang terdapat pada HP Oppo anda.
  • Kemudian tekan icon garis tiga yang terdapat di pojok kanan atas.
  • Lalu buka menu Settings.
  • Kemudian pilih akun Gmail yang akan anda keluarkan.
  • Selanjutnya pilih menu My Account.
  • Kemudian pilih opsi Account preference.
  • Lalu pilih Delete your Gmail Account untuk mengeluarkan akun Gmail dari HP Oppo.
  • Selesai.

Setelah akun Google dikelaurkan dari HP Oppo, maka akaun yang terhubung ke Playstore, Google Play Game, Gmail dan layanan Google yang lainnya secara otomatis akan ikut logout juga. Meskipun pilihan menunya adalah hapus akun, tetapi tenang saja akun tersebut tidak akan hilang. Hanya keluar dari HP Oppo yang anda gunakan dan masih bisa digunakan kembali pada smartphone lain atau pada PC/laptop. Jika sudah menerapkan cara diatas dan melakukan hard reset (Kembali ke pengaturan pabrik) tidak membuahkan hasil. Biasanya ada kerusakan terhadap ssistem operasi HP Oppo yang digunakan.

Jika demikian, coba lakukan flashing  ROM untuk mengeluarkan akun Gmail dan memperbaiki sistem operasi yang bermasalah. Seperti itulah cara paling mudah untuk logout atau mengelaurkan akun Google dari HP Oppo semua tipe. Untuk merk dan tipe smartphone android yang lain sebanarnya caranya masih sama, namun yang membedakan adalah letak menu pengaturannya saja.

Related posts