Etika dalam Financial Planner yang Benar dan Sahih menurut Teguh Boentoro

  • Whatsapp
Financial Planner, Teguh Boentoro

Menurut Teguh Boentoro menjadi etis dalam bisnis keuangan pribadi sangat penting tidak hanya untuk menjaga kepercayaan antara seorang profesional dan klien mereka, tetapi juga demi reputasi profesi.

Dewan Standar Perencana Keuangan Bersertifikat, juga dikenal sebagai Dewan CFP, telah menetapkan Kode Etik dan Tanggung Jawab Profesional. Seperti halnya profesi terhormat lainnya, perencana keuangan harus mengikuti serangkaian standar yang dapat dihormati dan diakui publik. Anda dapat melihat kode etik yang ditetapkan oleh Dewan CFP di bawah ini:

Kode Etik dan Tanggung Jawab Profesional Dewan CFP

Dewan Etik CFP dipecah menjadi beberapa prinsip utama:

Prinsip 1 – Integritas
Prinsip 2 – Objektivitas
Prinsip 3 – Kompetensi
Prinsip 4 – Keadilan
Prinsip 5 – Kerahasiaan
Prinsip 6 – Profesionalisme
Prinsip 7 – Ketekunan

Prinsip-prinsip ini adalah kualitas yang harus dimiliki oleh Perencana Keuangan Bersertifikat. Jika Anda menemukan satu yang melanggar salah satu dari prinsip-prinsip ini, maka itu bisa menjadi pelanggaran yang dapat ditindaklanjuti terhadap pemegang sertifikasi oleh Dewan CFP. Menangani keuangan dan kekayaan pribadi orang harus menjadi suatu kehormatan dan perencana keuangan harus memberikan pengertian ini kepada klien mereka.

“Etika adalah salah satu pembeda antara penasihat independen,” kata Robert Stammers, direktur pendidikan investor di CFA Institute. “Tidak seperti profesi medis, penasihat keuangan tidak memiliki yang setara dengan sumpah Hipokrates yang mendefinisikan bagaimana mereka harus mendekati manajemen klien.” Jadi bagaimana investor dapat menemukan penasihat keuangan yang etis? Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan bagaimana Anda dapat memilih dengan bijak jika Anda tahu entitas mana yang mengatur penasihat Anda, penunjukan profesional mana yang harus dicari, tanda-tanda peringatan penasihat yang buruk dan tanda-tanda penasihat yang akan mengutamakan kepentingan Anda.

Apa yang Diharapkan dari Penasihat yang Baik

Seperti dibahas sebelumnya, penasihat keuangan yang baik akan memegang standar fidusia yang mengharuskannya untuk mengutamakan kepentingan klien. Ia juga akan memiliki penunjukan profesional yang terkenal dan sangat dihormati seperti CFP, CFA, PFS dan / atau ChFP dan akan dikompensasi dengan biaya, bukan komisi. Berikut adalah beberapa karakteristik tambahan yang harus dicari dalam penasihat yang baik.

Pemahaman Komprehensif terhadap Situasi Anda: Penasihat harus membahas secara menyeluruh kebutuhan dan keadaan Anda dengan Anda, kemudian dengan hati-hati mencocokkan produk dan layanan dengan situasi Anda, kata Pernyataan Hak-Hak Investor CFA Institute, daftar 10 prinsip yang dimaksudkan untuk membantu mereka yang membeli keuangan produk layanan menuntut perilaku profesional yang layak mereka dapatkan.

Basis Klien yang Dikelola: Pastikan penasihat tidak memiliki begitu banyak klien sehingga mereka tidak akan dapat mencurahkan perhatian yang cukup kepada Anda, memberi nasihat pada NAFPA.

Rencana Kesinambungan Bisnis yang Solid: Jika penasihat Anda pensiun, berganti profesi atau meninggal dunia, ia harus memiliki rencana untuk siapa yang akan mengambil alih pengelolaan akun Anda.

Kurangnya Tekanan: Penasihat Anda harus memberi Anda semua waktu yang Anda butuhkan untuk mengambil keputusan. Anda seharusnya tidak merasa berada di tenggat waktu.
Komunikasi yang Jelas: Penasihat Anda harus menyiapkan pernyataan kebijakan investasi yang menjelaskan rencana keuangan Anda dalam bahasa yang dapat Anda pahami, merekomendasikan CFA Institute. Semua komunikasi dari penasihat Anda, termasuk penjelasan tentang biaya, juga harus mudah dipahami.

Sejarah Disiplin yang Bersih: Periksa situs web Pengungkapan Publik Penasihat Investasi SEC, situs web BrokerCheck FINRA, dan situs web Check Out Your Broker dari Asosiasi Administrator Efek Amerika Utara, merekomendasikan NAPFA. Meskipun Anda ingin merekrut seseorang yang diatur oleh SEC dan oleh karena itu fidusia, mereka mungkin telah terdaftar dengan otoritas regulasi lain di masa lalu, jadi Anda harus memeriksa ketiga tempat untuk mengonfirmasi bahwa mereka memiliki sejarah disiplin yang jelas.

Related posts