Inilah Cara Menulis Email Bahasa Inggris Ke Dosen yang Perlu Kamu Ketahui

  • Whatsapp
Menulis Email Bahasa Inggris

Di zaman yang serba modern ini, hampir semua pekerjaan dilakukan secara online, termasuk dalam hal mengirimkan pesan. Jika dulu mengirimkan pesan biasanya lewat surat, kemudian beralih menggunakan email. Sebenarnya email ini sama dengan surat tetapi bentuknya elektronik dan tentunya kamu tidak perlu membutuhkan kertas untuk menulisnya.

Dalam menulis email ini yang kamu butuhkan hanyalah koneksi internet, smartphone dan juga akun email. Dengan ketiga hal ini kamu sudah bisa mengirimkan email kepada siapapun, termasuk kepada dosen. Jika masih seorang siswa tentu tidak akan inten ketika menjadi mahasiswa. Tetapi ketika menjadi mahasiswa pasti lebih sering mengirimkan pesan. Lantas, bagaimana cara mengirimkan email kepada dosen dengan nada sopan dan juga resmi atau formal?.

Mengawali Kalimat Pembuka

Dalam menulis email kepada dosen tentu berbeda halnya dengan mengirimkan pesan kepada teman. Hal ini tidak lain karena untuk dosen tentu harus di awali dengan kalimat pembuka agar kamu bisa lebih menghargai posisinya sebagai dosen.

Untuk kalimat pembuka ini tentu berbeda-beda dalam membuatnya, tetapi umumnya selalu diawali dengan salam. Bentuk salam ini kemudian dapat kamu ikuti dengan panggilan pak atau ibu dalam bahasa inggris.

Permintaan Maaf

Dalam membuat email kepada dosen selain dengan kalimat pembuka maka kamu bisa juga mengikuti dengan permintaan maaf. Untuk kalimat permintaan maaf bebas seperti apa saja tetapi intinya ada bentuk minta maafnya. Bentuk permintaan maaf ini sebagai tanda bahwa kamu menghargai dosen tersebut karena sangat sibuk dalam beberapa hal. Sehingga, dengan permintaan maaf ini tentu besar kemungkinan email kamu di baca oleh dosen tersebut.

Bentuk permintaan maaf ini tentu sangat berpengaruh, meski email kamu di baca tetapi belum tentu di balas. Sehingga, kamu yang mengharapkan balasan ini tentu hanya bisa menunggu saja tanpa adanya balasan. Tetapi ketika ada permintaan maaf maka email tersebut akan direspon dengan cepat oleh dosen tersebut.

Pilihan Kosakata

Setelah kalimat pembuka, kamu juga bisa masuk ke bagian ini dimana kosakatanya juga harus sopan. Pilihan kosakata yang digunakan harus mudah dipahami dan terstruktur dengan baik dan benar. Diharapkan kamu bisa membuat atau menyusun kosakata ini harus berurutan dan tidak bertele-tele. Sehingga, maksud dan tujuan kamu bisa dipahami oleh dosen tersebut dengan baik.

Bentuk penyusunan kosakata ini tentu tidaklah mudah karena menggunakan bahasa inggris. Ada baiknya, kamu bisa konsultasikan ke teman terkait bahasa yang digunakan tersebut. jika ada yang kurang mintalah teman kamu untuk memberikan koreksi baik dari sisi bahasa, grammar dan yang lainnya.

Kalimat Penutup

Untuk kalimat penutup ini juga harus dengan kata-kata pilihan dan juga sopan. Dengan kalimat seperti ini dosen juga merasa dihargai oleh mahasiswanya meskipun itu via email. Kalimat penutup ini juga bisa menggunakan salam ataupun kata-kata lain yang menunjukkan bahwa penyampaian kamu sudah selesai.

Itulah beberapa hal yang perlu kamu perhatikan saat menulis email kepada dosen. Jika dari teori ini kamu masih begitu paham maka bisa lihat dulu contoh email bahasa inggris. Dari contoh ini kamu bisa melihat dan belajar bagaimana membuat email kepada dosen atua kepada guru.

Pada contoh email di atas kamu bisa mencontoh dari email yang dikirimkan kepada guru. Karena sejatinya antara guru dan juga dosen sama dan baiknya kamu menggunakan bahasa yang lebih halus lagi ketika mengirim email ke dosen.

Related posts