Mengenal 4 Manfaat Konsumsi Semangka untuk Kesehatan

  • Whatsapp
Manfaat Konsumsi Semangka

Ketika sedang dalam keadaan panas dan terik, ada salah satu jenis buah yang selalu kita nanti-nantikan. Yup, buah yang dapat membuat kita melepas dahaga ini adalah semangka. Ternyata, semangka bukan hanya diincar karena memiliki kemampuan untuk memberikan rasa segar pada cuaca yang panas saja. Soalnya, buah yang satu ini juga memiliki aneka manfaat untuk kesehatan kita. Lantas, apa saja sih kandungan yang ada pada semangka dan bagaimana nutrisinya?

Jadi, semangka atau yang juga memiliki nama lain citrullus lanatus termasuk sebagai salah satu jenis buah yang berasal dari Afrika Selatan, akan tetapi kini dapat kita temui hampir di seluruh negara di dunia. Buah yang satu ini memiliki kulit warna hijau serta daging buah yang berwarna merah maupun merah jambu. Untuk bijinya sendiri, semangka cukup memiliki jumlah biji yang banyak.

Ternyata, manfaat yang bisa kita dapatkan dari semangka ini dipengaruhi oleh adanya kandungan nutrisi, mineral, vitamin, maupun jenis senyawa lainnya. Jadi, kita sebagai penggemar semangka tidak perlu ragu untuk mengonsumsi buah yang satu ini. Soalnya, meskipun memiliki kandungan biji yang banyak, semangka tetap memiliki beragam manfaat, di antaranya ialah 4 manfaat semangka berikut ini!

1. Memelihara kesehatan jantung

Salah satu khasiat yang dapat kita rasakan dari konsumsi buah semangka ialah kesehatan jantung yang tetap terpelihara. Hal ini terdapat pada sebuah penelitian yang menyatakan bahwa ekstrak semangka berfungsi menurunkan tekanan darah yang dimiliki oleh penderita obesitas yang juga memiliki hipertensi. Apalagi, ada kandungan kalium dan magnesium pada semangka yang menjadikannya lebih mudah untuk menjaga kesehatan jantung. Apalagi, ada juga kalium yang berperan sebagai nutrisi vasodilator untuk membuat pembuluh darah maupun arteri tetap rileks.

2. Membuat tubuh tetap terhidrasi

Seperti yang kita tahu, buah semangka termasuk sebagai salah satu jenis buah yang memiliki banyak kandungan air. Bahkan kandungan air pada semangka mencapai 92%. Tentu saja, hal ini menjadikan semangka sebagai elektrolit yang baik untuk tubuh karena dapat menghidrasi kita. Secara otomatis, kita akan terhindar dari dehidrasi serta dapat menurunkan suhu tubuh secara efektif. Begitu pula halnya pada tekanan darah yang menjadi lebih terkontrol. Melalui air pada buah semangka, kita bisa melembabkan tubuh kita selama musim kemarau.

3. Mengurangi risiko terbentuknya batu ginjal

Buah semangka memiliki kandungan kalium yang tinggi sehingga dapat berperan untuk membantu kita melepaskan endapan racun yang ada pada ginjal kita. Bukan hanya itu saja, kalium pun berperan penting untuk mengurangi kadar asam urat dalam darah. Melalui hal tersebut, risiko batu ginjal dapat kita tekan. Selain itu, setelah kita makan semangka, mungkin kita merasa bahwa kita menjadi lebih sering buang air kecil. Hal ini termasuk hal yang wajar, bahkan bagus karena ginjal kita dapat bersih dari racun.

4. Meningkatkan kesehatan rambut dan kulit

Adanya kandungan vitamin A dan vitamin C pada semangka ternyata juga memberikan dampak positif bagi kulit dan rambut kita. Soalnya, vitamin C menjadi vitamin yang bekerja untuk menyembuhkan jaringan ikat serta membuat produksi kolagen bertambah. Sementara itu, vitamin A berperan untuk memperbaiki sel kulit serta melakukan regenerasi agar kulit kita bisa selalu tampak muda.

Nah, untuk mendapatkan manfaat semangka secara maksimal, kita dapat mencari semangka terbaik dari TaniHub. Platform online yang satu ini memang menjadi platform terbaik yang menyediakan aneka buah dan sayuran dengan kualitas terpercaya.

Related posts