Perkembangan Industri Mebel Di Yogyakarta

  • Whatsapp
Bramble Furniture Jakarta

Memang Jepara memiliki reputasi yang besar terhadap perkembangan Mebel di Indonesia, bahkan kota Jepara sudah dikenal dunia dengan mebel nya yang antik dan berkelas, namun perkembangan industri mebel tak hanya di Kota Jepara saja berikut penjelasan tentang perkembangan industri Mebel di Yogyakarta.

Yogyakarta di percaya akan menjadi Pusat industri mebel di kemudian hari, hal ini disebabkan karena Yogyakarta adalah kota yang paling sering dikunjungi wisatawan dalam negri maupun manca negara maka dari itu pemerintah berencana untuk menjadikan kota Yogyakarta sebagai Pusat Industri mebel di indonesia. Rencana ini kuga banyak didukung oleh perusahaan mebel besar yang ada di Indonesia karena memang dampak yang akan di berikan pasti positif. Mulai dari pameran mebel dan aksesoris, pemasaran maupun sektor industri nya akan di letakkan di Yogyakarta, siapa yang menyangka karena Kota Jepara lah yang terkenal dengan Mebel yang berkualitas, namun dari tempat yang ideal Jepara masih sangat jauh dibandingkan Yogyakarta. Namun bukan berarti Yogyakarta tidak memiliki mebel nya sendir loh, Yogyakarta juga memiliki mebel khas sendiri yang pengerjaan pengukirannya masih menggunakan manual, mebel khas Yogyakarta juga tak kalah unik dan menarik dibanding Mebel yang berasal dari daerah lainnya, meskipun sudah ada alat modern untuk mengukir kayu hingga menjadi mebel namun Yogyakarta masih mempertahankan ukiran mebel menggunakan manual agar nilai seni yang terdapat di Mebel tak akan hilang.

Yogyakarta dan kota lainnya yang merupakan daerah pembuat mebel diharapkan pemerintah dapat mengikuti pameran internasional, hal ini diungkapkan oleh Wakil ketua asosiasi industri mebel dan kerajinan Indonesia (Asmindo) agar pengusaha mebel dapat menjaga selalu kualitas mebel yang dipasarkan untuk mendukung ikut nya Indonesia dalam rangka Pameran Internasional Furniture yang diikuti beberapa Negara baik Asia maupun Eropa. Namun pada kasus tertentu pengusaha mebel masih tersendat dengan masalah yang sering ditemukan, Pengusaha mebel seringkali disusahkan dengan kayu jati yang dijual dalam bentuk Glondongan. Hal ini membuat para pengusaha mebel harus mengeluarkan sedikit lebih banyak biaya karena kayu jati glondongan harus diolah ulang agar mebel yang dibuat dapat memiliki hasil yang berkualitas.

Pada tahun 2016 Yogyakarta terpilih sebagai kota yang cocok untuk di selengarakan nya pameran Furniture atau mebel Internasional yaitu, JIFFINA Jogja Internasional Furniture And Craft Fair Indonesia. Dengan diadakannya acara pameran Internasional Furniture di Indonesia, Yogyakarta berhasil membawa nama baik Furniture dan aksesoris Indonesia dengan memamerkan beberapa mebel berkualitas yang disukai banyak pengunjung yang datang di pameran itu. Hal itu juga yang membuat Mebel hasil Indonesia layak untuk memenuhi persyaratan ekspor ke luar Negri, Tak sampai di situ bahkan banyak dari peserta pameran Furniture Internasional yang diikuti 160 Peserta asal Indonesia, Telah memenuhi syarat dan 20% peserta Indonesian yang ikut sudah memiliki Sistem Verifikasi Legalitas Kayu(SLVK). Bukan hanya sebuah penghargaan saja tetapi dengan mendapatkan SLVK akan membuat negara lain percaya bahwa mebel yang dihasilkan oleh Indonesia memang benar-benar memiliki kualitas yang baik.

Nah jika kamu ingin membeli Mebel atau Furniture yang berkualitas, kamu dapat membelinya di Toko Bramble Furniture Jakarta, Bramble Furniture merupakan perusahaan Mebel yang sudah mendunia, bahkan mebel atau Furniture yang dihasilkan memiliki keunikan yang berbeda-beda, kamu juga dapat memesannya secara Costum jika kamu ingin memiliki mebel dengan selera sendiri dijamin pasti tak akan menyesal loh.

Related posts