SehatQ: Kunci Sukses dalam Menjaga Kesehatan Kamu

  • Whatsapp
SehatQ

Belakangan ini teman dan keluarga saya gemar berbicara seputar kesehatan. Isunya adalah bagaimana supaya layanan kesehatan yang lengkap di rumah sakit dapat diakses secara cepat dan mudah lewat aplikasi di smartphone. Masalahnya, aplikasi apa yang paling tepat untuk dipilih diantara puluhan aplikasi berbasis kesehatan yang tersedia di Play Store/AppStore?

Hasil riset kecil saya dengan membaca review dan ulasan orang-orang di media sosial akhirnya menjatuhkan pilihan saya pada aplikasi SehatQ.com. SehatQ.com adalah platform layanan kesehatan digital dengan berbagai fitur unggulan, mulai dari chat dan booking dokter, database obat dan penyakit, forum dan artikel kesehatan, hingga pencarian layanan kesehatan terdekat.

Mengapa Kamu Perlu Menggunakan Aplikasi Kesehatan

Sejak dulu, semua fasilitas kesehatan berkumpul di suatu tempat yang kita sebut rumah sakit. Apapun keperluannya, mulai dari masalah kesehatan kelas ringan sampai penyakit kelas berat, dapat diselesaikan jika kita pergi ke rumah sakit. Fasilitas yang lebih kecil seperti klinik dan puskesmas tentu juga bisa dimanfaatkan, namun tentu tidak selengkap rumah sakit. Akan tetapi sebelum membahas lebih lanjut terkait aplikasi ini, ada baiknya kita bicarakan dulu hal yang lebih mendasar. Dengan ini, aplikasi kesehatan sangat di perlukan untuk kamu?

Yang menjadi masalah dalam dunia kesehatan adalah semakin banyaknya jumlah penduduk akan jadi lebih cepat pertambahan jumlah fasilitas kesehatan, yang menjadikan membludaknya pasien di rumah sakit atau puskesmas. Kamu juga pastinya pernah mengalaminya di rumah sakit atau puskesmas terdekat ketika mengambil nomor antrian jam 8 pagi dan baru dipanggil jam 10. Hal ini yang menjadikan hal yang lumrah terjadi di rumah sakit di seluruh Indonesia.

Padahal tidak semua masalah kesehatan dapat menunggu untuk diberi penanganan. Mempunyai masalah kesehatan yang bisa mendapatkan penangan secepat mungkin, walaupun pasien bukan termasuk kondisi darurat atau penyakit kelas berat. Hal ini yang di anggap berhubungan erat dengan nyawa manusia, sehingga masalah yang kecil juga tentunya tidak bisa di anggap remeh?

Ada juga masalah kesehatan yang datang di waktu dokter sedang tidak tersedia di tempat. Misalnya pada saat tengah malam hingga mendekati pagi. Kondisi-kondisi semacam ini tentu akan membawa kita pada satu kesimpulan penting: bahwa hari ini kita membutuhkan layanan kesehatan yang lengkap, mudah diakses, dan pastinya cepat.

Maka dipilihlah media berupa smartphone yang sudah memenuhi unsur cepat dan mudah diakses. Bukankah penetrasi pengguna smartphone di Indonesia terus meningkat dari tahun ke tahun? Lantas mengapa kita tidak mengintegrasikan layanan kesehatan yang lengkap kedalam smartphone?

Itulah ide sederhana yang dimiliki oleh Linda Wijaya selaku salah satu pendiri dan CEO SehatQ. Idenya memang begitu sederhana, namun manfaatnya bisa jadi luar biasa! Saya berani berkata demikian setidaknya karena fitur unggulan SehatQ sebagai berikut.

Eksplorasi Ribuan Database Obat dan Direktori Penyakit Lewat Satu Klik

Melalui aplikasi SehatQ, Kamu juga bisa mengakses database berisi informasi tentang ribuan obat dan penyakit yang ada di luar sana. Untuk database obat, jumlahnya tak kurang dari 1.619 obat. Sementara untuk direktori penyakit jumlahnya sudah mencapai 1.165 penyakit per tanggal artikel kesehatan ini dipublikasikan.

Database obat milik SehatQ berisi informasi lengkap seputar obat. Mulai dari deskripsi, kategori, bentuk sediaan, dosis, aturan pakai, efek samping, hingga interaksi obat dan kontraindikasi. Tentu sebagian besar obat hanya bisa Kamu dapatkan lewat resep dokter, namun database ini akan sangat berguna sebagai panduan ketika obat Kamu sudah berada dalam genggaman.

Adapun direktori penyakit berisi informasi lengkap seputar penyakit, mulai dari pengertian, gejala, penyebab, diagnosis, hingga pengobatan. Daftar penyakit SehatQ juga memiliki nilai tambah tersendiri dengan adanya infografis sederhana yang dapat membantu Kamu memahami penyakit secara lebih mudah.

Related posts