Tanya Dokter Jantung Tentang Panduan Makan Bagi Penderita Penyakit Jantung

  • Whatsapp
Penyakit Jantung

Gangguan pada organ jantung atau istilahnya adalah penyakit jantung pada dasarnya biasa dialami oleh siapa saja, tak hanya orang tua, melainkan sekarang ini banyak diantara remaja yang sudah merasakan masalah pada jantung mereka. Bahkan beberapa kali terkena serangan jantung, orang yang sudah pernah terkena serangan jantung sekali, maka ada potensi nantinya juga akan terkena serangan jantung kembali. Dalam kondisi ini tentunya sangat berbahaya, karena mungkin saja bisa menyebabkan kematian jika tidak segera ditangani dengan tepat. Tanya dokter jantung bagaimana pola hidup yang harus dijalani oleh penderita penyakit ini.

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan angka harapan hidup bagi penderita jantung ini tak lain adalah dengan mengubah pola hidup, mulai dengan rajin dalam berolahraga sampai dengan menjaga pola makan. Nyatanya kebanyakan diantara penyebab serangan jantung adalah mereka yang tidak menjaga pola makan mereka dengan baik, sehingga lama-kelamaan beban kerja dari organ jantung ini semakin berat bahkan mengalami kerusakan.

Berikut ini diantaranya adalah pola makan sehat yang dianjurkan bagi penderita masalah jantung, diantaranya adalah:

  1. Mengenali kebutuhan kalori harian Anda, bagi orang-orang yang menderita masalah jantung, khususnya adalah usia dewasa memiliki kebutuhan kalori setidaknya adalah 1500 hingga 2000 Kal, dimana untuk rincian asupan nutrisi yang dikonsumsi adalah 55 hingga 60 persen terdiri dari karbohidrat, kemudian juga 15 hingga 20 persen adalah protein, sedangkan 25 sampai 30 persen diantaranya adalah dari lemak.
  2. Penderita penyakit jantung tetap bisa mengonsumsi cemilan atau kudapan, namun pilihlah yang sehat, diantaranya adalah yang tidak mengandung bahan pengawet, pewarna dan juga perasa, apalagi makanan yang tinggi kandungan gula dan juga garamya, hendaknya harus dihindari oleh penderita jantung. Anda bisa memilih cemilan yang diolah dengan cara merebusnya, bukan digoreng ataupun dibakar, ini jauh lebih sehat.
  3. Pastikan untuk menikmati berbagai makanan yang memang sudah dianjurkan oleh dokter, pada dasarnya orang-orang yang sudah terkena gangguan jantung ini memang dibatasi jenis makanan yang bisa di konsumsinya dan terkadang adalah makanan yang plain atau tawar, nikmati saja sehingga nantinya penyakit tersebut tidak akan kambuh lagi.
  4. Batasi asupan lemak yang dikonsumsi setiap harinya, misalnya adalah dengan memperhatikan cara memasak makanan tersebut, tidak dengan menggorengnya, melainkan akan jauh lebih sehat jika seandainya makanan tersebut dimasak dengan cara merebus, karena tidak mengandung lemak sama sekali.
  5. Jika seandainya ingin makan daging tetap boleh dilakukan, namun pilihlah jenis daging yang bagus dan tanpa lemak. Hendaknya juga harus diperhatikan bagaimana proses dalam memasak daging tersebut, seperti diantaranya adalah direbus, jangan digoreng ataupun dibakar.
  6. Konsumsi produk kacang-kacangan secara rutin, bahan makanan yang satu ini kaya akan kandungan protein yang bagus untuk tubuh, selain itu juga menyehatkan jantung, salah satu diantaranya adalah kacang lentil.
  7. Mengonsumsi produk susu yang rendah lemak.
  8. Perbanyak konsumsi makanan yang tinggi kandungan serat, seperti diantaranya adalah buah dan juga sayur.
  9. Hindarilah mengonsumsi camilan atau makanan penutup yang tinggi kandungan gula dan juga lemaknya.
  10. Kurangi asupan gula dan juga garam setiap hari, karena dua jenis bahan tersebut tidak baik bagi penderita penyakit jantung.

Tanya dokter jantung kini bisa dilakukan secara lebih mudah, konsultasikan secara online lewat aplikasi Halodoc saja.

Related posts