Tips Menabung untuk Biaya Pendidikan Anak

  • Whatsapp
Biaya Pendidikan Anak

Merencanakan biaya pendidikan sejak dini merupakan salah satu kunci sukses finansial dalam sebuah keluarga. Meskipun kini sudah banyak layanan pinjaman cepat yang juga dapat digunakan untuk dana pendidikan.

Hal tersebut terjadi karena biaya pendidikan berkualitas saat ini membutuhkan biaya yang tidak sedikit, sehingga wajar jika orang tua yang menginginkan anaknya sekolah di tempat terbaik harus merogoh kocek lebih dalam lagi.

Nah, supaya perencanaan keuangan pendidikan anak makin matang, ada baiknya dipersiapkan sejak anak masih kecil sehingga beban biaya yang harus dibayarkan pada saat anak sekolah tidak terlalu besar.

Berikut ini adalah beberapa tips menabung untuk biaya pendidikan anak dengan berbagai jenis berbeda yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan selera masing-masing.

Metode tabungan tradisional

Tabungan tradisional seperti ini sudah lumrah digunakan dalam bentuk uang tunai di bank atau di rumah. Namun, ada juga yang menabung biaya pendidikan anak-anak dalam bentuk emas batangan sehingga lebih tahan terhadap inflasi. Apalagi jika tabungan dipersiapkan untuk lima hingga 10 tahun mendatang.

Biaya pendidikan anak sudah wajib dimasukkan dalam anggaran keuangan agar dapat disisihkan dari pendapatan atau penghasilan di awal bulan. Meskipun awalnya memang berat karena harus mengatur keuangan keluarga secara ketat tapi setidaknya itu yang bisa dilakukan demi beban yang lebih ringan di kemudian hari.

Tabungan sekaligus asuransi

Tabungan pendidikan sekaligus asuransi biasanya ditawarkan oleh perusahaan asuransi. Sebenarnya tabungan ini merupakan asuransi jiwa yang nanti manfaatnya dapat digunakan untuk menjamin biaya pendidikan anak saat orang tua meninggal dunia sebelum jatuh tempo polis.

Lain halnya jika orang tua masih hidup, dana tabungan tetap bisa dicairkan tetapi manfaat tabungannya akan berkurang karena dikurangi dari premi asuransi jiwa yang harus dibayarkan. Sebenarnya jenis tabungan ini memang tidak memberikan manfaat atau nilai yang maksimal tetapi ada jaminan bagi anak jika ada kejadian tak terduga pada orang tuanya.

Tabungan sekaligus investasi

Jenis tabungan ini termasuk yang punya risiko lebih besar tetapi return yang lebih tinggi juga Instrumen tabungan investasi misalnya dengan cara mengalokasikan dana tabungan pendidikan anak melalui reksadana dan saham.

Bagi yang belum memahami cara kerja pasar modal bisa memilih reksadana sehingga risikonya jadi lebih kecil dibandingkan langsung memilih jual beli saham. Namun, jika sudah memahami fundamental perusahaan di pasar modal, kamu bisa menabung saham sekaligus untuk mendapatkan keuntungan yang lebih tinggi demi dana pendidikan anak.

Memastikan dana aman dan bisa digunakan saat dibutuhkan

Inilah yang paling penting. Tabungan pendidikan anak harus bersifat likuid, artinya bisa dicairkan kapan saja pada saat dibutuhkan. Atau bisa juga dalam bentuk tabungan deposito sehingga bisa memberikan imbal hasil yang pasti sesuai dengan periode yang diinginkan tetapi dana tetap aman dan tidak diganggu ketika membutuhkan dana untuk urusan lainnya.

Pinjaman cepat bisa dimanfaatkan dalam kondisi mendesak

Jika sudah menghitung besaran kebutuhan biaya pendidikan anak, bisa saja ada biaya-biaya yang muncul. Apalagi jika melewati kurun waktu yang sangat panjang misalnya mempersiapkan dana pendidikan anak di jenjang kuliah sejak anak usia 1 tahun. Periode yang panjang ini tentu melewati masa di mana ada beban biaya pendidikan lain yang mungkin timbul.

Dalam kondisi tersebut, fintech hadir sebagai salah satu solusi keuangan yang paling mudah dan realistis. Alasannya karena pengajuannya lebih cepat, mudah dan juga sangat fleksibel. Ada banyak manfaat lain yang bisa didapatkan selain pinjaman cepat. Misalnya kemudahan belanja online maupun offline dengan pembayaran secara kredit dengan bunga yang kompetitif.

Salah satunya seperti yang ditawarkan oleh Kredivo. Bunga belanja maupun pinjaman cepat cair hanya 2.95% saja per bulan. Malahan untuk belanja online dengan metode pembayaran 30 hari tidak dikenakan bunga dan biaya admin sama sekali sehingga lebih hemat.

Kredivo sudah terdaftar secara resmi di OJK dengan nama PT FinAccel Digital Indonesia dengan nomor registrasi S-236 / NB.213 / 2018. Inilah yang membuat para pelanggan umumnya akan lebih fleksibel dalam melakukan pembelian serta merasa aman.

Di Kredivo, pinjaman cepat dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan. Salah satunya adalah biaya pendidikan anak.

Ada dua produk pinjaman yang ditawarkan oleh Kredivo yaitu pinjaman mini dan pinjaman jumbo. Perbedaan keduanya hanya terletak pada plafon yang diberikan. Untuk pinjaman mini plafon pinjaman minimal Rp500 ribu dan maksimal Rp1 juta. Sementara pinjaman jumbo minimal Rp1 juta dan maksimal sesuai dengan kredit limit yang didapatkan.

Kredivo dikenal sejak lama sebagai kartu kredit digital untuk berbelanja di beberapa marketplace terkemuka seperti Tokopedia, Shopee, Bukalapak, Blibli, dan sebagainya. Kredit limit yang diberikan bisa mencapai Rp30 juta per nasabah.

Pelanggan yang sudah terbiasa menggunakan Kredivo biasanya sudah memiliki aplikasinya yang bisa diunduh dari Google Play maupun App Store. Soal pendaftaran pun tergolong mudah, begitu pula halnya dengan persetujuannya.

Related posts